Kamis, 14 Mei 2015

FENOMENA BATU AKIK DI INDONESIA



Alam indonesia memang luar biasa kayanya, termasuk bebatuan alamnya. Batu akik misalnya yang lagi ngetrend saat ini, begitu kaya dan beragamnya di nusantara. Bongkahan batu akik yang di asah jadi perhisan saat ini harganya bisa fantastis. Jenisnya pun beraneka ragam misalnya batu zamrud saja harganya  naik dari tahun ke tahun. Rasanya sulit mencari barang yang kenaikan harganya dalam waktu singkat bisa sefantastis itu.
Popularitas batu akik semakin meningkat apalagi saat indonesia menjadi tuan rumah Konfrensi Asia Afrika (KAA) 2015 yang diselenggarakan di jakarta dan di bandung dan ini merupakan kesempatan besar bagi indonesia untuk menawarkan  berbagai suvenir hasil karya tangan indonesia khususnya  batu akik
Namun disisi lain, perkara batu akik tidak menimbulkan hal yang positif Belum lama ini ini masyarakat dikejutkan oleh penemuan  mayat sekeluarga di dalam sebuah mobil di wilayah jakarta timur. Diduga orang tersebut meninggal karena keracunan didalam mobil. Keluarga tersebut dikenal sebagai penjual batu akik yang kerap mangkal di daerah rawabening, jakarta timur.

Berbagai macam fenomena batu akik yang luar biasa bahkan orang  rela jauh-jauh datang dari berbagai pelosok tanah air untuk mengadu nasib dijakarta tentunya dengan  menjual batu akik. Namun disela kesibukan bisnis batu akik yang membuat masyarakat indonesia “Demam Batu Akik” seharusnya pemerintah lebih memperhatikan kondisi lingkungan bukan malah menikmati keuntungan ataupun perkembangan ekonomi yang semakin positif, sementara para pecinta lingkungan mencemaskan fenomena batu akik ini  bisa merusak alam akibat penambangan liar besar-besaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar