Surat
merupakan sarana tertulis yang digunakan untuk memberikan informasi kepada
pihak lain. Surat biasanya terdapat bagian - bagian antara lain seperti kop
surat, tanggal, alamat yang dituju, salam pembuka, bagian – bagian paragraf,
salam penutup dan tanda tangan si pengirim . Surat menggunakan modal kertas dan
alat tulis. Pada zaman sekarang ini surat sudah jarang digunakan karena
seiringnya perkembangan zaman yang memunculkan sosial media seperti facebook,
path, twitter dan lainnya. Surat itu sendiri memerlukan perangko dan stempel.
Jasa pengantaran surat dilakukan oleh tukang pos dan kantor pos.
Sejarah
surat dunia sudah dimulai dari kerajaaan majapahit, sriwijaya dan Tarumanegara
menggunakan huruf palawa. Pada zaman dahulu sudah banyak digunakan di negara
persia dan mesir, China, India, Romawi hingga sampai sekarang ini.
Fungsi
surat antara lain :
1. Sarana Pemberitahuan
Yaitu bagaimana seseorang memberikan
informasi kepada pihak lain.
2. Sarana Permintaan, buah pikiran,
dan gagasan
Yaitu sarana untuk menuangkan isi
yang ada di dalam diri seseorang agar dapat tersampaikan secara jelas
3. Alat bukti tertulis dan Alat
pengingat
Yaitu surat sebagai bukti bahwa dia
memiliki hak dan kewajiban seperti surat wasiat.
4. Pedoman kerja.
Yaitu surat lamaran kerja dimana
kita membuat surat untuk perusahaan untuk mendapatkan posisi yang diinginkan.
Jenis –
Jenis Surat :
1. Surat Pribadi
2. Surat Resmi
3. Surat Niaga
4. Surat Dinas
5. Surat Lamaran Kerja dan lainnya.
Surat Resmi
Dalam tugas softskill ini saya akan
membahas mengenai surat resmi. Surat resmi ialah surat yang digunakan
untuk kepentingan khusus dan dalam situasi yang menyangkut orang banyak, baik
perseorangan, instansi, maupun organisasi. Surat jenis ini ditulis dengan
bahasa indonesia baku sesuai Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD ).
Surat Resmi seperti Undangan, Surat
Edaran, dan Surat Pemberitahuan. Ciri – ciri Surat Resmi yaitu :
1. Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi
2. Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim
4. Penggunaan ragam bahasa resmi
5. Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi
6.
Ada aturan format baku
Contoh Surat Resmi :
PEMERINTAH
PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 JAKARTA
Jalan
Wijaya Timur 41 Jakarta Selatan Telp. (021) - 7394006 Kode Pos 12170
================================================================
No.
: 206 /50 /.292 / 2014
Lampiran
: ...............................
Perihal
: Undangan Ambil Raport
Jakarta, 22 Desember 2014
Yth. Bapak/Ibu/Orang Tua / Wali
Peserta Didik Kelas VII, VIII, IX
SMPN 13
Di Jakarta
Dengan ini kami sampaikan undangan
untuk ambil Raport Semester Ganjil Untuk Kelas VII, VIII dan IX Tahun Ajaran
2014 - 2015 yang akan dilaksanakan pada :
Hari
: Sabtu
Tanggal
: 27 Desember 2014
Jam
: 10.00 WIB
Tempat
: Ruang Kelas Masing - Masing
Demikian undangan ini kami buat,
semoga bapak / ibu dapat hadir pada waktu yang telah ditentukan, apabila ada
perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian, atas perhatian dan kerjasamanya
kami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami,
Kepala SMPN 13
Jakarta
Bagian – bagian Surat Resmi :
1. Kop / Kepala Surat
Dalam
penulisan surat resmi menggunakan kop / kepala surat apabila surat tersebut
dikeluarkan oleh instansi atau organisasi tertentu. Kop / kepala surat umumnya
mencantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, fax, alamat email dan alamat
situs website. Selain itu juga menggunakan logo atau lambang instansi terkait
diletakkan di sebelah kiri kop surat.
2. Tanggal
Penulisan
tanggal yang benar yaitu tanggal ditulis dengan angka, bulan ditulis dengan
angka dan diawali dengan huruf kapital, sedangkan penulisan tahun penulisannya
sama dengan tanggal yaitu dengan menggunakan angka. Sebelum penulisan tanggal
nama kota tidak boleh dicantumkan karena nama kota sudah ada di bagian kepala
surat dan alamat tujuan. Penulisan yang benar adalah Jakarta, 29 Desember 2014.
3. Nomor Surat
Dalam
penulisan surat resmi, Nomor surat merupakan salah satu bagian dalam membuat
surat resmi. Nomor surat resmi umumnya ditulis dengan kombinasi angka dan
huruf. huruf menandakan instansi yang membuat surat resmi tersebut sedangkan
angka digunakan untuk menentukan periode atau waktu surat tersebut diterbitkan.
4. Lampiran
Yaitu
halaman tambahan untuk memberikan infromasi lain yang ingin disampaikan.
Seperti surat lamaran pekerjaan dengan menambahkan CV yang dibuat.
5. Hal
Yaitu tujuan isi surat yang ingin
disampaikan oleh si pengirim
6. Alamat Tujuan
Dalam
penulisan alamat tujuan surat, sebaiknya gunakan nama orang disertai
jabatannya, atau gunakan jabatannya saja jangan menggunakan instansinya.
Contoh:
Yth. Bapak Muhammad Irsyad
Manajer Accounting
Kantor Akuntan Publik
Kuala Tungkal
7. Salam Pembuka
Yaitu salam awal sebelum penulisan
paragraf pembuka. Seperti Dengan Hormat, Yang Terhormat dan lain – lain.
8. Isi Surat
Yaitu memberikan informasi mengenai
tujuan, latar belakang, dan kegiatan yang ingin disampaikan
9. Salam Penutup
Yaitu
menuliskan kalimat terakhir setelah paragraf penutup.
10. Pengirim
11. Tembusan
12. Inisial
Demikianlah
Surat resmi yang saya buat. Kesimpulannya Surat Resmi ialah surat yang
digunakan untuk berbagai kepentingan seperti undangan rapat sekolah pertemuan
antar pemerintah,perusahaan dan lain sebagainya, dan ditulis dengan bahasa
indonesia yang baku sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
Sumber – Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar